Waspadalah! Lakukan 7 Tips Ini Supaya Ban Mobil Anda Tidak Menjadi Penyebab Kecelakaan di Jalan

 

Perhatikan! Ini Dia 7 Tips Menjaga Kondisi Ban Mobil Agar Selalu Maksimal

 

Ban mobil merupakan komponen yang penting dalam menunjang kinerja mobil. Ban berperan dalam menopang beban mobil, mengarahkan arah kendaraan, serta membantu dalam proses pengereman. Oleh karena itu, menjaga kondisi ban harus selalu menjadi prioritas agar mobil dapat berjalan dengan optimal dan terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan.

 

Berikut adalah 7 tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kondisi ban mobil Anda:

 

  1. Cek Tekanan Angin Ban

Pastikan untuk memeriksa tekanan angin ban minimal sekali dalam sebulan. Ban yang kekurangan tekanan akan membuat mobil terasa lebih berat dan sulit untuk dikendalikan. Selain itu, penggunaan bahan bakar jadi lebih boros karena mesin akan bekerja lebih keras. Tekanan ban yang terlalu rendah juga berpotensi membuat ban pecah karena dinding ban akan mendapatkan tekanan yang lebih besar daripada seharusnya. Namun, sebaliknya, tekanan ban yang terlalu tinggi juga harus dihindari karena dapat mengurangi kenyamanan berkendara dan mempercepat keausan ban di bagian tengah. Hal ini juga bisa membuat pengendalian kendaraan lebih sulit karena ban akan memiliki cengkeraman yang terfokus pada bagian tengah telapak ban yang tidak mampu menapak dengan sempurna pada permukaan jalan.

 

  1. Periksa Kedalaman Profil Ban

Pastikan untuk melakukan pemeriksaan kedalaman alur ban sekitar 1,6 milimeter dengan melihat adanya tonjolan di dalam alur ban yang dinamakan Tread Wear Indicator (TWI). Jika tanda tersebut sudah sejajar dengan permukaan telapak ban, segera ganti ban yang rusak. Kedalaman alur ban yang tidak merata juga dapat menjadi indikasi adanya masalah pada sistem suspensi dan kemudi.

 

  1. Lakukan Rotasi Ban

Melakukan perputaran ban setiap 10 ribu kilometer dapat memastikan bahwa semua ban terkena beban yang sama dan mempercepat pemakaian yang merata di seluruh ban. Ini juga mengurangi kemungkinan ban depan kehilangan tapak dengan cepat karena menanggung beban terbesar saat mobil berjalan.

 

  1. Cek Tutup Pentil Ban

Pastikan untuk selalu menutup rapat tutup pentil ban karena angin dapat keluar melalui pentil jika tidak ditutup.

 

  1. Cek Kondisi Pelek

Periksa kondisi pelek secara rutin. Jika terjadi kerusakan pada pelek, seperti pecahnya bibir pelek, maka ban akan mendapat tekanan yang sangat berat saat terjadi kejadian. Bahkan, bisa saja ban jadi rusak, seperti dinding ban benjol atau robek. Rusaknya pelek juga dapat mengganggu keseimbangan ban sehingga perlu dilakukan balancing.

 

  1. Berkendara dengan Hati-hati

Perilaku saat mengemudi dapat mempengaruhi usia ban. Hindari melakukan manuver yang agresif, akselerasi yang terlalu keras, atau pengereman mendadak karena hal tersebut dapat mempercepat keausan ban

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

  1. Rutin perawatan suspensi dan perataan putaran ban

Perawatan suspensi dilakukan untuk menjaga keseimbangan mobil pada saat berkendara. Suspensi yang terjaga dengan baik akan memberikan kenyamanan dan keamanan saat melaju di jalan. Sementara perataan putaran ban bertujuan untuk menjaga kestabilan putaran ban pada saat bergerak. Dengan putaran ban yang stabil, mobil dapat berjalan dengan aman dan minim risiko kecelakaan.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang