Tanda Rem Mobil Blong di Jalan

Takutkan Rem Mobil Bermasalah? Kenali Gejalanya dan Atasi dengan Cepat!

Ketika rem mobil mengalami masalah seperti blong atau kehilangan tekanan, ini tentunya menjadi mimpi buruk bagi pengemudi. Apalagi jika situasinya terjadi saat mobil sedang melaju kencang di jalan tol. Bukti nyata akan bahayanya masalah ini terjadi pada Senin (2/9/2019), ketika sebuah kecelakaan beruntun melibatkan sekitar 20 kendaraan di jalan tol Cipularang. Kecelakaan tersebut sangat fatal, menyebabkan beberapa mobil terbakar dan menelan banyak korban jiwa.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Meskipun belum ada pernyataan resmi dari pihak kepolisian mengenai penyebab pasti kejadian tersebut, diduga bahwa masalah utamanya adalah rem blong pada sebuah truk yang kemudian menabrak mobil-mobil di depannya.

Kejadian seperti kecelakaan di atas membuktikan bahwa masalah rem yang blong bisa menjadi sangat berbahaya, terutama jika terjadi dalam kondisi berbahaya seperti saat menuruni jalan, dalam keramaian lalu lintas, atau saat mobil membawa muatan berat.

Gabungan dari faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan kecelakaan yang berakibat fatal, mengakibatkan kerugian nyawa dan harta benda. Namun, dengan kewaspadaan yang tepat, ada tanda-tanda awal bahwa mobil Anda mungkin mengalami masalah pada sistem rem, khususnya gejala rem blong.

  • Pedal Rem Terasa Ringan

Ketika Anda merasa pedal rem menjadi lebih ringan dari biasanya, ini menunjukkan bahwa minyak rem dalam sistem Anda mungkin sudah berkurang atau bahkan habis. Minyak rem yang berkurang mengakibatkan tekanan dari pedal rem sulit disalurkan ke kampas rem. Keadaan ini juga dapat terjadi jika ada udara yang masuk dalam sistem rem, yang kemudian harus dikeluarkan.

  • Mobil Terdorong ke Sisi Tertentu saat Mengerem

Jika saat Anda mengerem mobil terasa cenderung terdorong ke salah satu sisi, ini mungkin menandakan adanya masalah pada saluran distribusi tekanan minyak rem. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh bocornya salah satu silinder piston rem.

  • Pedal Rem Terasa Keras

Selain terasa ringan, pedal rem yang terasa keras juga bisa menjadi indikasi masalah pada sistem rem. Hal ini bisa terjadi akibat tersumbatnya jalur fluida rem, pecahnya selang vakum, silinder roda yang macet, atau kampas rem yang terkena oli.

  • Getaran pada Rem

Getaran pada sistem rem bisa disebabkan oleh sepatu rem yang mengeras atau terkena oli. Hal ini bisa terjadi akibat piringan cakram atau teromol rem yang tidak rata. Kondisi ini akan membuat performa rem melemah dan bisa menyebabkan rem blong pada kondisi kerja yang berat.

  • Suara Gesekan saat Rem Digunakan

Jika Anda mendengar suara gesekan saat menggunakan rem, kemungkinan ada komponen seperti kampas atau sepatu rem yang sudah aus. Suara ini muncul karena gesekan antara piringan cakram atau teromol dengan komponen yang aus. Kondisi ini bisa membuat sistem rem kehilangan daya cengkeram dan menyebabkan rem blong.

  • Jarak Pengereman Bertambah

Anda mungkin sudah terbiasa dengan jarak pengereman mobil Anda dalam kondisi normal. Jika Anda merasa jarak pengereman semakin bertambah tanpa alasan yang jelas, segera periksa sistem rem mobil Anda.

Ketika Anda merasakan tanda-tanda awal di atas, segera hentikan kendaraan dan periksa dengan seksama sistem pengereman mobil Anda. Jangan sekali-kali memaksakan untuk terus melanjutkan perjalanan, karena ini bisa berujung pada kecelakaan yang serius ketika rem benar-benar blong.

Langkah Terbaik: Servis Berkala Rem Mobil

Salah satu langkah paling sederhana dan efektif untuk mencegah masalah rem mobil blong adalah dengan melakukan servis berkala di bengkel Arumsari. Teknisi yang berpengalaman akan memeriksa keseluruhan kondisi sistem pengereman Anda.

Jangan ragu untuk berbicara dengan petugas layanan jika Anda merasa ada yang tidak beres dengan sistem pengereman mobil Anda. Lebih baik melakukan pemeriksaan sekarang daripada menanggung masalah serius di masa depan.

 

 

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang