Rem Tangan Aktif Terlalu Lama Ini Dampak Buruknya

Rem tangan aktif memiliki peran penting dalam memastikan mobil tetap berhenti dengan aman saat diparkir atau berada di jalanan yang menanjak. Fungsi rem tangan adalah mengaktifkan rem belakang sehingga mobil tidak bergeser. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan rem tangan yang terlalu lama juga memiliki risiko tertentu.

BACA JUGA: Pentingnya Memahami Blind Spot Pada Kendaraan

Penggunaan rem tangan yang berkepanjangan dapat menyebabkan kampas rem lepas dari pelat atau penyangganya. Ini terutama terjadi pada rem belakang jenis tromol yang memiliki bidang kontak yang lebih panjang daripada rem cakram.

 

Ketika rem tangan ditarik, kampas rem akan menempel pada tromol. Jika kampas rem menempel terlalu lama, ada risiko kampas rem menempel secara permanen dan dapat terlepas ketika dipaksa untuk bergerak.

 

Risiko kampas rem tangan terlepas meningkat jika kondisi kampas rem masih basah. Jika kampas rem basah, disarankan untuk mengganjal ban mobil jika akan diparkir dalam waktu yang lama. Hal ini dapat mengurangi tekanan pada rem tangan dan menjaga keamanan mobil Anda.

 

Selain menghindari penggunaan yang berlebihan, berikut adalah beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menggunakan rem tangan dengan benar:

 

  1. Periksa jumlah klik yang terdengar saat menarik rem tangan. Pastikan terdapat 4 hingga 7 klik yang terasa. Jika jumlah klik melebihi angka tersebut, segera bawa mobil ke bengkel untuk penyetelan ulang.

 

  1. Hindari penggunaan rem tangan secara berlebihan saat berhenti, misalnya saat menunggu lampu merah atau berhenti sesaat.

 

  1. Jika Anda memarkirkan kendaraan di jalan dengan permukaan miring, gunakan pengganjal roda untuk mengurangi tekanan pada rem tangan.

 

  1. Hindari penginjakan atau penarikan rem tangan secara berlebihan.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengoperasikan rem tangan dengan benar dan menjaga penggunaan yang aman.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang