8 Cara Menanggulangi Rem Mobil Blong

8 Cara Menanggulangi Rem Blong Mobil – Kerusakan padarem adalah komponen yang sangat fatal ,karena rem tidak bisa difungsikan sama sekali. Hal inilah pemicu utama kecelakaan pada kendaraan saat dijalan raya.

Berikut ini yang menimbulkan rem mobilmu blong yaitu sebagai berikut :

1. Habisnya Minyak Rem 

Minyak rem yang sudah  habis menyebabkan rem mobil tidak optimal. Karena melajunya mobil dibantu oleh adanya minyak rem.

Sebelum mengemudi hendaknya minyak rem anda sudah berisi .Apabila belum berisi jangan coba-coba untuk membawa pergi kendaraan tersebut.

Tetapi jika minyak rem mobil anda menurun drastis setiap mobil dinyalakan,berarti ada sesuatu yang tidak beres.Segera membawanya ke bengkel .

2. Rem Kanvas Aus

Rem yang sudah aus biasanya berbunyi ngorok setiap kali di menginjak rem.Kanvas yang aus cuma ada pada mobil tertentu yang sudah dilengkapi dengan plat penanda.

Kondisi kanvas rem yang aus sering terjadi pada mobil berplat penanda,tetapi juga tidak boleh membiarkan secara berlarut-larut.Dan segera ganti kanvas yang baru.

3. Kinerja Piston Rem Tidak Optimal

Piston yang sudah tidak optimal bisa menyebabkan piston tidak bisa meneruskan tekanan hidraulis dari pedal untuk menekan kanvas.Perangkat pengereman menjadi macet dan tidak berperan lagi.Keruskan pada piston rem biasanya di tandai dengan aus serta berkarat.

BACA JUGA : SUSPENSI REKONDISI TAHAN BERAPA LAMA??

4. Rusaknya Seal Piston Master Silinder 

Rusaknya seal piston master rem silinder ini disebbakan karena konsumsi rem yang telah lama dan juga mutu dari minyak rem yang tidak lagi cocok. Konsumsi minyak rem yang sudah tidak bermutu akan menjadi  pemicu utama kerusakan padarem mobil ini,maka dari itu gunakanlah rem yang bermutu. 

5. Perangkat  Pengereman Mengalami Kebocoran

Perangkat pengereman yaitu terdapat pada 2 tempat yang biasanya mengalami kebocoran, ialah:

a.Master rem biasanya disebabkan karena pemakaian rem yang lama.

b.Selang saluran rem disebabkan karena dalam penggunaannya yang lama sehingga kinerja elastisitasnya berkurang. 

6. Selang Oli Rem Mengalami Penyumbatan 

Penyumbatan yang terjadi pada selang oli disebabkan karena banyaknya kotoran yang masuk dalam minyak rem mobil.Kotoran yang masuk kedalam minyak rem itu ketika anda sedang melakukan pengisian minyak rem.

Oleh sebab itu bilas selang oli rem secara  tertib. Apabila rem mulai macet maka untuk segera mengecek bagian yang tersambung ke mesin rem satu per satu dan ketika sudah dicek ternyata ada bagian yang rusak maka anda bisa langsung memperbaikinya. 

7. Minyak Rem Mengalami Kotor

Minyak rem mengalami kotor disebabkan karena rendahnya mutu dari minyak rem.Karena minyak rem yang murahan akan sangat gampang mengendap dan endapannya berganti menjadi puing-puing kotoran.Maka dari itu disarankan membeli minyak rem yang biayanya lumayan mahal,tetapi hasilnya jauh lebih baik dan tahan lama.

8. Vapour Lock

Kondisi dimana terjadi penguapan pada minyak rem yaitu disebut dengan vapour lock yang disebabkan karena mobil yang sangat panas dan oli rem pun menjadi mendidih dan juga memunculkan gelembung-gelembung perangkat pengereman mobil.

Tidak hanya karena  mesin yang  panas, buruknya mutu minyak rem juga menjadi pemicu utama terbentuknya vapour lock. 

Bagaimana Cara Menanggulangi Rem Mobil Blong?

Cara menanggulangi rem mobil blong yaitu sebagai berikut:

1.Pengecekan teratur untuk mengenali kondisi mesin mobil yang sebenarnya. Sehingga anda bisa mengetahui kerusakan apa yang terjadi pada mesin tersebut.

2.Kerusakan yang masih kecil bisa juga diatasi dengan cara yang gampang. Biayanya juga tidak terlalu  mahal dibandingkan  dengan mesin mengalami  kerusakan yang parah. Pengecekan yang baik bisa anda lakukan selama 2 minggu sekali.
.
.

 

Bengkel Arumsari Bandung “Standard bengkel resmi, Harga lebih terjangkau”💯 .
Rawat kondisi kaki-kaki mobil anda aman dan nyaman di Bengkel Arumsari Bandung 😊
.
Info lebih lanjut serta konsultasi hubungi kami : WA 081220757780 📞📱
📌 Jl. A. H.Nasution KM 10 Zifur IX, Ujung Berung, Bandung
.
CEK GRATIS
| Cepat – Tepat – Bergaransi |

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang