13 Cara Mengganti Minyak Rem Mobil Terbaru

Panduan Praktis Mengganti Minyak Rem Kendaraan: Menjaga Kinerja Optimal Sistem Pengereman

 

Mengetahui cara mengganti minyak rem kendaraan adalah langkah penting bagi setiap pengendara guna mengantisipasi potensi kerusakan pada mesin mobil. Sistem pengereman termasuk salah satu faktor keselamatan paling esensial yang harus berfungsi dengan baik setiap kali Anda mengemudikan mobil. Kehadirannya yang optimal menjadi penentu keamanan Anda di jalan. Oleh karena itu, menghindari risiko yang ditimbulkan oleh kondisi mobil yang buruk merupakan langkah awal yang bijak.

BACA JUGA: Apa Fungsi Knuckle Arm?

Bagian dari menjaga sistem pengereman adalah dengan memastikan semua komponen dalam kondisi terbaik. Salah satu aspek yang perlu diperiksa secara rutin adalah minyak mobil. Tindakan sederhana seperti mengganti minyak rem secara berkala dapat membantu mengatasi masalah seperti rem tromol yang macet dan menjaga sistem pengereman tetap optimal.

 

Berikut adalah langkah-langkah yang pasti dalam mengganti minyak rem kendaraan. Anda dapat dengan mudah memakai prosedur ini sendiri. Untuk informasi lebih lengkap, simak penjelasan di bawah ini.

 

Langkah-langkah Mengganti Minyak Rem Kendaraan

Secara umum, minyak mobil perlu diganti setiap 2 tahun atau setelah mencapai jarak tempuh sekitar 20.000 km. Anda bisa mengikuti proses penggantian dengan mudah, terutama jika Anda ingin melakukannya sendiri. Inilah panduan sederhana yang bisa diikuti:

 

Pertama, pastikan Anda memarkir kendaraan di tempat yang aman dan permukaan yang datar. Hindari tempat parkir dengan kemiringan ekstrem karena dapat mengganggu proses penggantian.

 

Lepaskan semua baut roda dan angkat mobil menggunakan dongkrak. Selalu gunakan jack stand untuk keamanan tambahan.

Setelah itu, lepas semua baut roda dan tempatkan mereka di bawah mobil untuk keamanan.

 

Temukan penutup reservoir penampung minyak dan buka. Reservoir ini biasanya terletak di dekat booster rem.

 

Pakai kunci ring ataupun selang untuk melepaskan nepel brake pada kaliper rem. Hubungkan selang dengan wadah penampung pada bagian bawah.

 

Putar nepel brake dengan kunci ring untuk memulai proses pengurasan minyak. Tekan pedal rem beberapa kali untuk mempercepat pengeluaran minyak. Pantau jumlah minyak dalam wadah penampung.

 

Pastikan reservoir minyak rem tidak sampai kosong untuk mencegah masuknya udara ke dalam sistem pengereman.

 

Tambahkan minyak rem baru pada reservoir. Lakukan penginjakan pedal rem lagi. Perhatikan perubahan warna minyak rem di selang, jika sudah terlihat jernih berarti penggantian telah berhasil.

 

Setelah semua selesai, kencangkan nepel brake dengan kunci ring.

 

Pasang kembali keempat roda dan pastikan baut roda terkencang dengan baik.

 

Jika terjadi tumpahan minyak rem pada bodi mobil, segera bersihkan dengan air untuk menghindari kerusakan cat.

 

Memakai Minyak Rem Kendaraan Lain dengan Mudah

Meskipun langkah-langkah di atas dapat diikuti untuk mengganti minyak rem kendaraan, disarankan untuk melakukan proses ini di bengkel resmi. Jika terjadi kesalahan selama proses penggantian, sistem pengereman ABS bisa mengalami kerusakan yang serius. Anda sebaiknya mengunjungi Bengkel Arumsari untuk mengganti komponen pengereman dengan aman.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

 

Sebagai bengkel  untuk kendaraan mobil, Bengkel Arumsari menyediakan layanan terbaik dalam penggantian minyak rem kendaraan. Dukungan dari teknisi berpengalaman akan memastikan sistem pengereman kendaraan Anda kembali bekerja optimal. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Bengkel Arumsari untuk melakukan servis berkala. Jika Anda kesulitan membawa kendaraan ke bengkel, Anda dapat memesan layanan Bengkel Arumsari melalui website.

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang