Apa Fungsi Knuckle Arm?

Bagi pengemar otomotif, istilah “knuckle arm” pasti sudah familiar. Komponen ini merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dalam system suspensi kendaraan. Sistem suspensi sendiri berperan penting dalam mengatasi gejolak yang datang dari kendaraan saat melaju di berbagai kondisi jalan. Tujuan utamanya adalah agar bodi mobil tetap stabil dan pengemudi merasakan kenyamanan yang optimal. Lantas, apa peran sebenarnya dari knuckle arm ini dan apa fungsi knuckle arm?

 

Fungsi Utama Knuckle Arm

Knuckle arm, atau yang sering disebut juga dengan lower arm, merupakan komponen kunci dalam system suspensi kendaraan. Ia mempunyai kaitan dekat dengan bagian upper arm serta dihubungkan melalui ball joint. Perannya sangat signifikan, terutama sebagai tempat pemasangan roda, bearing roda, dan juga komponen rem cakram atau tromol.

 

Dengan hadirnya knuckle arm, mobil Toyota dapat dengan leluasa bergerak dan berbelok sesuai kebutuhan. Gerakan ini tentu saja tergantung pada sudut putaran yang diizinkan oleh ball joint di setiap arm. Tanpa knuckle arm, gerakan roda mungkin tidak akan terkontrol, dan bahkan bisa melebihi batas sudut yang aman.

 

Fungsi Bagian Lain dalam Sistem Suspensi

Namun, peran knuckle arm tidak berdiri sendiri dalam meredam getaran dan memastikan stabilitas kendaraan. Terdapat beberapa bagian lain dalam system suspensi yang mempunyai peran penting, dan berikut ini adalah daftarnya.

 

Pegas

Komponen ini bisa dibilang sebagai inti dari sistem suspensi mobil. Pegas berfungsi untuk menyerap semua getaran yang ditimbulkan oleh permukaan jalan. Tanpa pegas, mobil akan bergoyang dan tak nyaman saat melintas di jalan tidak rata. Ada tiga jenis pegas yang umum digunakan pada kendaraan roda empat: tipe coil, daun, dan puntir.

 

Shock Absorber

Sesuai dengan namanya, shock absorber bertugas menyerap kejut dan getaran dari jalan yang tidak rata. Bagian ini mengandung pegas yang menyerap getaran jalan dan mengembalikan tekanan ke posisinya. Ketika roda melewati permukaan yang tidak rata, pegas akan tertekan kuat. Namun, seketika tekanan dilepaskan, pegas akan mengembalikan bodi mobil ke posisi semula, menjadikan perjalanan lebih nyaman.

 

Lower Arm

Selain knuckle arm, terdapat pula lower arm yang berfungsi mengontrol pergerakan roda ke atas dan ke bawah. Lower arm merupakan lengan suspensi yang menghubungkan roda dengan bodi mobil. Namun, lower arm dihubungkan dengan bodi melalui engsel, memungkinkan gerakan vertikal.

 

Ball Joint

Bagian ini adalah engsel yang mampu berputar 360 derajat. Terletak pada bagian paling ujung lower arm yang tersambung dengan roda, ball joint memungkinkan roda untuk bergerak ke segala arah. Ini sangat penting pada suspensi depan, di mana roda tidak hanya bergerak atas-bawah, tetapi juga kiri-kanan.

BACA JUGA : Fungsi Suspension Arm Kaki-kaki Mobil

Stabilizer Bar

Ketika mobil berbelok, tubuh mobil cenderung miring ke luar karena gaya sentrifugal. Fungsi stabilizer bar adalah menjaga keseimbangan antara roda kiri dan kanan dengan tubuh mobil. Ini juga mempertahankan ketinggian roda agar tetap seimbang.

 

Strut Bar

Strut bar menghubungkan stabilizer bar kepada tabung shock absorber. Tugasnya adalah memungkinkan roda bergerak vertikal atau berbelok tanpa terganggu oleh stabilizer bar. Pada strut bar terdapat ball joint yang memungkinkan stabilizer bar bekerja dengan baik dalam berbagai sudut.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Supported Shock

Supported shock berfungsi sebagai bantalan antara shock breaker dan bodi mobil. Ketika mobil berbelok, posisi shock breaker sedikit berubah. Oleh karena itu, supported shock mencegah terjadinya gesekan langsung dengan bodi dan melindungi permukaan bodi dari kerusakan.

 

Dengan penjelasan tentang knuckle arm dan komponen-komponen penting lain dalam sistem suspensi, Anda kini memiliki pemahaman yang lebih baik. Untuk memastikan semua komponen ini bekerja dengan optimal, jangan lupa untuk melakukan service kendaraan dengan rutin di bengkel Arumsari. Anda bisa dengan mudah menjadwalkan servis melalui platform bengkel Arumsari. 

Kunjungi Bengkel Spesialis Kaki Mobil Arum Sari Bandung.Alamat: Jl. Raya Panyileukan No.9, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

 

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang