Masuk Musim Hujan, Pastikan 8 Komponen Mobil Ini Dalam Kondisi Baik Supaya Anda Tenang di Jalan

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa komponen mobil yang perlu diperiksa sebelum masuk musim hujan.

BACA JUGA: Jangan Sampai Mobil Mogok Atau Bahkan Terbakar, Ini Cara Mencegahnya

  1. Ban

Ban adalah bagian yang paling penting dalam komponen mobil, karena ban berperan dalam menopang beban mobil, menghentikan dan melajukan mobil, serta mengendalikan arah mobil di jalan. Pastikan ban selalu dalam kondisi prima dengan melakukan pengecekan rutin dan mendalam minimal sebulan sekali. Prioritas utama inspeksi adalah tekanan angin ban. Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan agar ban dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Periksa juga telapak ban dan ganti jika sudah aus.

 

  1. Kaki-kaki

Kaki-kaki mobil terdiri atas dua bagian, yaitu sistem suspensi dan sistem kemudi. Sistem suspensi terdiri atas shock absorber, per, serta karet-karet peredam lainnya. Pastikan sistem suspensi dalam kondisi baik karena kondisi suspensi yang lemah akan membuat mobil sulit dikendalikan, terutama saat melewati jalan licin akibat hujan. Sistem kemudi juga perlu diperiksa untuk memastikan mobil dapat mengikuti kemauan Anda dan mengatur laju mobil dari balik kemudi. Pastikan kolong mobil bersih dan lakukan ritual spooring dan balancing untuk mengembalikan kebugaran ban dan kaki-kaki mobil.

 

  1. Wiper

Wiper adalah bagian penting dalam mobil saat hujan turun karena membantu membersihkan permukaan kaca mobil dari air hujan. Pastikan karet wiper dalam kondisi baik dan tidak getas. Ganti jika diperlukan agar wiper dapat menunaikan fungsinya dengan baik. Selain itu, pastikan juga cairan wiper dalam kondisi cukup untuk membantu membersihkan kaca mobil dengan lebih baik.

 

  1. Lampu

Lampu juga perlu diperiksa karena cahaya lampu akan membantu Anda melihat jalan dengan lebih jelas saat hujan turun. Pastikan lampu depan dan belakang, serta lampu sein dan lampu rem berfungsi dengan baik. Bersihkan juga kaca lampu dari kotoran dan debu agar cahaya lampu dapat menyebar dengan lebih baik.

 

  1. Rem

 

Rem adalah bagian penting dalam mobil karena membantu Anda menghentikan mobil saat diperlukan. Pastikan kampas rem dalam kondisi baik dan tidak aus. Periksa juga cairan rem dan pastikan dalam kondisi cukup. Jika Anda merasa pedal rem terasa aneh atau sulit ditekan, segera periksakan

 

  1. Sistem pengatur suhu

Saat suhu lingkungan berubah-ubah, sistem pengatur suhu menjadi penting untuk menjaga kenyamanan di dalam ruangan. Fungsi utamanya adalah mengontrol suhu dan kelembaban ruangan agar tetap stabil dan nyaman bagi penghuninya. Selain itu, sistem ini juga membantu menghindari embun pada kaca dan menjaga kondisi udara di dalam ruangan tetap segar.

 

  1. Segel pintu

Segel pintu terbuat dari bahan karet yang dirancang untuk melindungi ruangan dari masuknya air, debu, dan udara dingin dari luar. Segel yang rusak dapat menyebabkan air hujan dan angin masuk ke dalam ruangan, menyebabkan ketidaknyamanan dan merusak barang di dalamnya. Selain itu, segel pintu juga membantu menjaga kenyamanan penghuni dengan mengurangi kebisingan dan getaran dari luar ruangan.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

  1. Sistem listrik

Sistem listrik adalah jantung dari kendaraan yang mengatur semua komponen elektronik di dalamnya. Saat hujan, sistem listrik sangat penting untuk menjaga fungsi wiper, lampu, dan sistem pengatur suhu tetap berfungsi dengan baik. Pastikan sistem listrik kendaraan selalu terjaga dan dalam kondisi baik agar tidak terjadi gangguan yang mengganggu kenyamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpang.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang