Kenali 9 Jenis Ban Mobil yang Umum Dipakai

Ban mobil memiliki banyak sekali jenis, namun ban yang paling sering kali kita lihat dan gunakan adalah ban bias. Berikut ini adalah macam macam jenis dari ban beserta penjelasannya.

Ban bias

Ban bias ini terbuat dari lembaran cord yang banyak. Juga ban ini memiliki panas yang terpusat ditengah.

Comfort tire

Comfort tire dibuat dengan karet yang tebal juga memiliki alur yang terbilang rapat. Komponen ini dibuat dengan mengedepankan kenyamanan.

Ban radial

Ban ini dibuat dengan memilik lapisan serat yang menyilang di lingkar ban. Biasanya ban jenis ini dipakai oleh mobil dengan tipe penumpang dan truk ringan saja.

Performance tire

Ban yang digunakan guna mempertahankan performa ketika berkendara sehingga kendali mobil akurat.

Spare tire

Spare tire merupakan sebuah ban cadangan. Berdasarkan ukuran, ban serep ini dibagi menjadi dua, yaitu temporary space saver dan full-size.

BACA JUGA : 10 Ciri Ban Mobil Harus Diganti! Cek Banmu Sekarang!

Jenis pertama adalah memiliki pelek yang berbeda dari ban standar jadi anda hanya diperbolehkan melaju dengan kecepatan maksimal 50 km/jam ketika menggunakan ban ini.

Lalu yang kedua sama dengan ban yang dipakai di mobil. 

Ban tubeless

Ban jenis ini sangat sering sekali digunakan pada masa ini. Dibuat untuk menahan udara tanpa ban dalam juga memiliki lapisan dalam untuk menghindarkan dari kebocoran.

Off-road tire

Jenis ban mobil ini biasa digunakan pada mobil yang kerap melibas medan non-aspal.

off road tier memiliki dua jenis, yang pertama ada all-terrain tire yang digunakan ketika melintas di jalan off-road ataupun jalan biasa, hedua ada mountain terrain tire untuk jalan yang berpasi dan berlumpur.

 

Ban RFT

Run Flat Tire (RFT) merupakan ban yang adpat digunakan bahkan ketika tekanan anginnta tidak ada atau 0. Ini berarti RFT dapat berjalan dengan aman meski kondisinya kempis atau tanpa angin.

Ketika tanpa angin ban RFT dapat melaju sekitar 80 km/jam dengan RFT tanpa angin. 

Eco tire

Sesuai namanya eco tier dibuat untuk mengefisiensi penggunaan bahan bakar. Jenis ban satu ini dirancang dengan memiliki lapisan silika agar grip atau cengkeraman ke jalan menjadi jauh lebih baik.

Lapisan silika mampu membuat rolling resistance berkurang sehingga  tidak butuh banyak bahan bakar. 

 

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang