10 Ciri Ban Mobil Harus Diganti! Cek Banmu Sekarang!

Jika ban mobil terlihat sudah lama, sebaiknya segera diganti karena dapat membahayakan keselamatan. Bagi kendaraan, ban adalah hal utama karena mempengaruhi kontrol mobil, kenyamanan, efisiensi bahan bakar, kaki-kaki mobil, dan lainnya. Oleh karena itu, kondisi ban harus diperhatikan dengan baik oleh pemilik mobil. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah kapan harus mengganti ban kendaraan? Berikut adalah beberapa ciri kapan saatnya mengganti ban kendaraan Anda :

 

  1. Usia ban melebihi 3 tahun

Bahan ban pasti elastis. Namun, kelenturannya akan berkurang seiring waktu dan membuat ban menjadi keras. Karena kendaraan digunakan dengan frekuensi yang tinggi, umur ban biasanya cukup singkat. Sebagai rekomendasi, ban kendaraan idealnya diganti setiap 3 tahun, bahkan jika kondisinya masih bagus. Jika ban sudah lebih dari 3 tahun, biasanya sudah tidak lentur lagi dan terasa tidak nyaman digunakan.

 

  1. Jarak tempuh sudah mencapai 40.000 km

Meski umur pakai ban belum mencapai 3 tahun, namun jarak tempuh telah melewati 40.000 km, sebaiknya ban kendaraan diganti. Sebagai contohnya, jika mobil sering digunakan untuk perjalanan jauh dan jarak tempuhnya sudah mencapai 45.000 km dalam 2 tahun, maka ban harus diganti. Walaupun kelenturan ban masih baik, ban yang sering digunakan akan cepat mengalami keausan. Biasanya, mobil akan mencapai jarak sekitar 15.000-20.000 km tiap tahunnya.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

  1. Tingkat keausan tapak ban mencapai indikator TWI (Tread Wear Indicator)

Setiap ban memiliki Tread Wear Indicator (TWI) yang menunjukkan seberapa aus ban tersebut sehingga perlu diganti dengan yang baru. Jika kembang ban mobil sudah sampai ke TWI, maka harus segera diganti dengan yang baru. Posisi TWI ada di tepi ban dan juga di tengah telapak ban. 

 

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang