Jangan Anggap Remeh Peran Sabuk Pengaman Saat Berkendara

Sabuk pengaman, yang juga dikenal sebagai safety belt, adalah fitur yang harus digunakan oleh pengendara dan juga penumpang agar keselamatan di jalan terjaga. Sabuk pengaman melindungi tubuh Anda dalam situasi berbahaya seperti pengereman mendadak hingga adanya kecelakaan.

BACA JUGA: Kenali Penyebab Kaca Mobil Berembun Saat Musim Hujan

 

Maka dari itu, pengemudi dan penumpang diharapkan memahami pentingnya sabuk pengaman. Penting bagi kita untuk tidak mengabaikan penggunaan pengaman saat mengemudi karena peran mereka yang sangat signifikan. Jadi, apa saja peran penting sabuk pengaman?

 

  1. Melindungi tubuh dari guncangan dan cedera

 Dapat mencegah cedera parah akibat kecelakaan. Sabuk pengaman dirancang dengan memakai bahan kuat sehingga tahan terhadap pemotongan atau kerusakan. Dengan desain tersebut, sabuk dapat menahan gejolak sehingga menahan tubuh supaya tidak terlempar keluar.

 

  1. Ketaatan terhadap peraturan di jalan

Sabuk pengaman tidak hanya memastikan keselamatan berkendara, tetapi juga menunjukkan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas. Selain itu, ada kasus tilang teroleh pihak yang berwenang atas pengemudi yang melanggar aturan pemakaian sabuk pengaman. Banyak pengemudi mungkin belum menyadari pentingnya pengaman. Oleh karena itu, untuk menghindari masalah dengan pihak berwajib, disarankan untuk selalu menggunakan sabuk saat mengemudi.

 

  1. Memastikan pemasangan sabuk pengaman yang benar

Saat menggunakan, pastikan tali sabuk berada di depan, melintang di antara dada Anda. Kemudian, pastikan juga bahwa tali sabuk terkunci dengan baik. Jangan meletakkan sabuk di belakang punggung atau mengikatnya di tangan. Sebagai tips tambahan, ketika mengajak anak-anak dalam perjalanan, pastikan mereka menggunakan sabuk  khusus untuk anak yang tersedia pada kursi bayi. Kursi bayi tersebut dapat dipasang ke sistem ISOFIX yang ada di mobil-mobil modern. International Standards Organization FIX adalah kepanjangan dari ISOFIX dan telah menjadi standar keamanan untuk mobil. Namun, untuk anak-anak di lebih dari 12 tahun, Anda dapat menempatkannya di kursi penumpang depan karena postur tubuh mereka sudah sesuai untuk menggunakan pengaman bawaan mobil.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Maka dari itu fitur sabuk  sangat utama dalam mendukung keselamatan dan kenyamanan saat mengemudi. Oleh karena itu, untuk mengutamakan keselamatan dan kesejahteraan pengguna jalan, selalu kenakan sabuk saat mengemudi. Jangan lupa mengencangkan sabuk sebelum kendaraan mulai bergerak. Berkendaralah dengan aman dan selamat sampai tujuan.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

 

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang