Hal yang Harus Dilakukan Ketika Rem Mobil Blong

Ketika Rem Mobil Bermasalah: Langkah-Langkah Menghadapi Rem Mobil Bermasalah

 

Rem mobil yang mengalami masalah menjadi mimpi buruk bagi setiap pengemudi. Selain dapat mengakibatkan mobil sulit dikendalikan, masalah pada rem juga berpotensi berakhir dengan kecelakaan serius.

Meskipun kita tidak menginginkan situasi ini terjadi, namun memiliki pengetahuan tentang tindakan yang tepat saat menghadapi masalah rem mobil sangatlah penting. Terutama ketika Anda mengemudi di jalan raya atau area bebas hambatan.

Berikut ini adalah empat langkah penting yang perlu diambil saat menghadapi masalah rem mobil:

 

Manfaatkan Teknik Engine Brake

Apabila tiba-tiba rem mobil bermasalah dan Anda sedang berada dalam kecepatan yang relatif tinggi, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menurunkan gigi secara perlahan. Ketika sudah mencapai gigi terendah, biarkan mesin bekerja dan perlahan kurangi kecepatan dengan mengurangi gigi. Hal ini akan membantu memperlambat laju mobil.

Secara hati-hati, tarik tuas rem tangan secara perlahan sambil menjaga kestabilan kendaraan. Pastikan untuk tidak menekan tombol lampu hazard sampai mobil benar-benar berhenti.

 

Reduksi Kecepatan dan Menepi dengan Aman

Sambil berusaha untuk mengurangi kecepatan, upayakan untuk menepi secara perlahan jika kondisinya memungkinkan. Jangan melakukan belokan tiba-tiba. Perhatikan kondisi lalu lintas di sekitar Anda melalui kaca spion dan pastikan untuk menggunakan sein ke arah kiri, bukan lampu hazard. Setelah berpindah jalur ke kiri, carilah tempat yang aman untuk menepi. Pastikan mobil berhenti sepenuhnya sebelum menyalakan lampu hazard.

 

Jangan Sentuh Pedal Rem atau Gas

Saat berusaha mengendalikan mobil menggunakan teknik engine brake, pastikan kaki Anda menjauh dari pedal gas dan rem jika Anda mengemudikan mobil bertransmisi otomatis. Pada mobil bertransmisi manual, gunakan kopling dengan tepat untuk menurunkan gigi sesuai dengan kebutuhan putaran mesin. Tujuannya adalah untuk mencapai efek deselerasi yang akan mengurangi kecepatan kendaraan.

 

Tetap Tenang dan Ambil Langkah Bijak

Saat menghadapi situasi yang tidak diinginkan seperti masalah rem, sangatlah wajar jika Anda merasa panik. Namun, cobalah untuk tetap tenang agar Anda dapat mengambil tindakan yang tepat.

Setelah mobil berhasil berhenti di tempat yang aman, nyalakan lampu hazard, tenangkan diri sendiri dan penumpang jika ada, dan kemudian hubungi bantuan. Jika Anda berada di jalan tol, Anda dapat menunggu bantuan dari patroli jalan tol.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Tentu saja, tidak ada yang ingin mengalami masalah rem mobil. Salah satu langkah pencegahan yang penting adalah dengan menjaga perawatan mobil secara berkala. Pastikan untuk selalu mengikuti jadwal servis yang direkomendasikan. Untuk kemudahan dalam melakukan booking service, Anda dapat menggunakan aplikasi Digiroom. Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah dan praktis menjadwalkan servis kendaraan Anda.

Kunjungi Bengkel Spesialis Kaki Mobil Arum Sari Bandung.Alamat: Jl. Raya Panyileukan No.9, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang