Fungsi Suspension Arm Kaki-kaki Mobil

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara, mobil dirancang dengan sistem suspensi yang canggih. Komponen-komponen sistem suspensi ini bekerja bersama untuk memberikan pengalaman berkendara yang optimal. Salah satu komponen kunci dalam sistem suspensi adalah suspension arm, yang sering disebut juga dengan control arm. Letaknya berada di bagian bawah sistem suspensi dan memiliki hubungan langsung dengan bodi mobil.

 

Suspension arm memiliki beragam bentuk yang sesuai dengan jenis sistem suspensi yang digunakan. Misalnya, pada sistem double wishbone, suspension arm berbentuk seperti huruf A. Sedangkan pada sistem Macpherson, suspension arm berbentuk seperti huruf L. Ada juga model suspension arm dengan bentuk huruf I. Pertanyaannya, apa sebenarnya peran penting suspension arm dalam sistem suspensi mobil? Mengapa komponen ini begitu vital? Berikut penjelasannya.

 

  • Mendukung knuckle

Fungsi utama dari suspension arm adalah untuk mendukung knuckle. Knuckle adalah komponen penting dalam sistem kaki-kaki mobil yang menopang roda, hub, dan sistem rem. Suspension arm dan knuckle terhubung melalui ball joint. Letak suspension arm di bawah knuckle memungkinkan knuckle untuk bergerak secara bebas, tidak terikat dengan suspension arm.

Bagian suspension arm yang terhubung dengan bodi mobil dilindungi oleh bushing karet elastis. Bushing ini membantu suspension arm bergerak dengan lancar tanpa mengganggu kenyamanan berkendara.

 

  • Mengendalikan Gerakan Roda

Fungsi lain dari suspension arm adalah mengendalikan gerakan roda mobil. Suspension arm memungkinkan roda bergerak maju-mundur dan naik-turun. Gerakan roda ini dikendalikan oleh suspension arm, dan gerak roda kemudian diatur sebelum diteruskan ke roda secara keseluruhan. Hal ini membantu menjaga kontrol mobil agar tetap stabil.

Suspension arm juga memiliki peran dalam mengatur efek peredaman dari shock absorber. Koneksi antara suspension arm dan shock absorber menjaga sudut kemiringan roda tetap stabil. Ini berarti roda tidak akan bergerak secara berlebihan meski mobil mengalami guncangan, yang pada akhirnya meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

BACA JUGA : Cara Merawat Suspensi Mobil Toyota Agar Tetap Apik
  • Menyelaraskan Gerakan Roda

Fungsi penting lain dari suspension arm adalah menyelaraskan gerakan roda. Suspension arm mengatur agar gerakan roda mobil selaras dengan putaran roda kemudi. Ini berlaku untuk kedua roda depan, sehingga roda kanan dan kiri dapat bergerak sejalan dengan putaran roda kemudi.

Suspension arm dapat melakukan fungsi ini karena terhubung dengan knuckle, tempat roda dipasang. Dengan ball joint yang menghubungkan keduanya, roda mobil dapat bergerak sesuai arah putaran roda kemudi. Hasilnya, kendali mobil tetap terjaga baik saat bergerak maju, mundur, atau berbelok.

 

Kehadiran suspension arm dalam sistem kaki-kaki mobil ternyata sangat penting. Tanpa komponen ini, pengendalian mobil akan terganggu karena gerakan roda dan putaran kemudi tidak terkoordinasi. Oleh karena itu, perawatan berkala pada mobil sangat diperlukan. Melalui servis rutin, kinerja suspension arm dapat terus dimonitor dan diperbaiki jika diperlukan. Jadi, tidak perlu menunggu lebih lama lagi. Segera kunjungi Bengkel Arumsari untuk mendapatkan layanan terbaik.

Kunjungi Bengkel Spesialis Kaki Mobil Arum Sari Bandung.Alamat: Jl. Raya Panyileukan No.9, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

 

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang