Ciri Freon AC Mobil Habis Dan Cara Mengatasinya

Ciri Freon AC Mobil Habis Dan Cara Mengatasinya Freon ini terdapat pada perangkat AC rumah maupun AC mobil. Gas yang berperan sebagai sumber pendingin udara pada ventilasi AC bila AC mobil freonnya habis,AC mobil ini akan tidak terasa dingin.

Bila kebocoran gas freon ini susah untuk terdeteksi maka sebabnya adalah gas yang mudah sekali menguap dan bisa juga pada temperatur yang dingin.
Bila freon habis,maka harus mengisi freon baru.Namun bila langsung isi freon dibengkel AC dalam sekejap freon itu akan langsung habis.Sebab bocor pada selang AC yang belum diperbaiki.Sehingga kita harus memperbaiki kebocoran AC terlebih dahulu baru mengisi freon yang baru.

Gejala AC ini tidak dingin itu yang disebabkan sebab freon habis. Dan banyak orang yang mengira freonnya habis ternyata freon yang sudah diisi didalam mobil itu masih penuh? maka akan sia-sia freon yang sudah kita beli . Oleh karena itu,artikel ini akan membahas tentang tanda-tanda jika freon AC mobil habis,maka jika ingin lebih mengetahui lanjutannya simak artikel ini sampai habis yaa

Ciri Freon AC Mobil Akan Mengalami Habis

  1. AC ini hanya mengeluarkan angin dan tidak dingin

Gejala seperti ini sudah termasuk tanda-tanda tidak beres dengan perangkat AC mobil yang menjadikan kompresor yang rusak,kipas pendingin yang rusak, magnetic clutch yang rusak ,bahkan sebab freon habis.
Apabila freon habis maka semuanya seolah-olah berjalan dengan normal .Ketika AC dinyalakan akan terdengar bunyi ketukan yang bisa menandakan bahwa kompresor AC bekerja,RPM mesin pun akan naik jika kipas pendingin menyala.Namun hembusan angin tidak dingin dan ini yang artinya freon AC mobil habis.

  1. Kompresor AC ini tidak mau berhenti bekerja ketika AC On

Anda sering menemui keadaan dimana suara ketukan dari mesin yang sering muncul bila AC dinyalakan.Tetapi jika menemui keadaan dimana magnetic clutch dari awal AC ON tersambung terus,berarti menandakan bahwa freon AC habis.
Inilah yang menyebabkan ketika freon habis karena kebocoran,maka dari itu selang AC tersebut dipenuhi oleh udara.Udara itu mudah dikompresi tetapi jika freon udara akan lebih mudah untuk dikompresi yang menyebabkan kompresi ini bekerja.

  1. Tidak ada freon di sight glass

Sight class yaitu sebuah kaca bulat yang transparan,fungsi kaca ini untuk melihat sirkulasi freon dalam perangkat AC.Sight class ini tedapat pada filter freon ataupun dryer.
Bila keadaan mesin masih hidup dan AC dinyalakan,maka lihat pada bagian sight glass ini,bila freon masih maka ada cairan yang mengalir ,tetapi bila habis maka tidak ada apa-apa yang mengalir dibalik sight glass.

  1. Tidak terdapat embun pada selang low pressure AC

Nah selanjutnya anda perhatikan pada selang-selang AC mobil anda.Selang kompresor ini terdapat 2 buah selang dari kompresor yaitu selang high pressure yang bentuknya lebih kecil ketika mengarah dari kompresor yang menuju kondensor dan Selang low pressure yang bentuknya lebih besar akan mengarah dari evaporator menuju kompresor.

Bila AC terbentuk embun pada selang low pressure.Embun ini hasil dari perbedaan suhu antara suhu dalam selang low pressure yang dingin dengan suhu dalam selang low pressure yang dingin dengan suhu mesin yang panas.Namun bila tidak terbentuk embun atau bila diraba tidak terasa dingin berarti freon ini habis.\

BACA JUGA : SUSPENSI REKONDISI TAHAN BERAPA LAMA??

Apa Solusinya Bila Freon Habis?

Sebelum anda mengisi freon maka perlu untuk mencari tahu penyebabnya kenapa freon AC mobil anda habis.Untuk mengetahuinya yaitu ada beberapa cara yang dapat digunakan.Yaitu dengan menggunakan air sabun dimana terbukti dapat mencari letak kebocoran freon dan keadaan mesin menyala dan AC ON,mengoleskan air sabun secara merata setiap saluran AC.Apabila terdapat kebocoran pastikan ada gelembung-gelembung.

Yang kedua yaitu dengan menggunakan cairan tinta khusus yang dimasukan dalam saluran AC.Yang kemudian AC dinyalakan selama beberapa menit,suran AC disoroti senter ultrasonic.Cairan tinta yang dimasukan akan menunjukan lokasi kebocoran tersebut.
Yang terakhir yaitu memperhatikan setiap centi selang AC.Bila terdapat rembesan biasanya bekas kebocoran freon.Namun cara ini dilakukan ketika freon yang baru bocor,jika sudah kelamaan maka bekas rembesan akan mengering sampai susah dideteksi.

Nah itulah sedikit informasi mengenai ciri freon ac mobil habis dan cara mengatsinya ,semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya:)

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang