Permasalahan pada aki mobil yang sering mengalami tekor

Aki Mobil – aki mobil tekor Setiap mobil pasti membutuhkan aki supaya bisa menyala dan berjalan. Lampu juga termasuk perangkat listrik yang membutuhkan aki supaya bisa menyala. Apabila aki sudah lemah atau sering yang akan mengakibatkan mobil tidak bisa menyala atau distater.

Berikut ini penyebab aki mengalami tekor dan cara mencegahnya yaitu sebagai berikut:

1. Mobil jarang atau tidak pernah dipanaskan/digunakan
Penyebab aki sering tekor yaitu karena mobil yang jarang digunakan sebab aki tidak mendapat suplai kelistrikan yang cukup maka mengakibatkan kapasitas aki tidak optimal.

2. Penggunaan mobil terus menerus
Mobil yang digunakan secara intens akan membutuhkan daya listrik yang besar membuat aki bekerja terlalu ekstra yang akan mengurangi umur pakainya.

Baca Juga ; Suspensi Rekondisi Tahan Berapa Lama

3. Air aki yang sudah mulai habis
Kelebihan aki mobil tipe basah ini yaitu bisa diisi ulang yang membuat masa pakainya lebih lama dan perawatannya juga lebih mudah.Namun sering sekali pengguna mobil tidak mengecek air aki tau-tau sudah habis,membuat aki tidak bekerja dengan baik.Nahh untuk itu disarankan untuk mengecek air aki sebelum bepergian.

4. Kapasitas aki  yang mulai kecil
Apabila aki yang digunakan kapasitasnya kecil maka akan berakibat pada over suplai yang menyebabkan usia pakai air berkurang.

5. Aksesoris mobil yang terlalu berlebihan
Bagi pengguna kendaraan yang suka memodifikasikan mobil sebenarnya wajar-wajar saja tetapi ketika akan menambahkan perangkat audio tanpa melihat kapasitas aki mobil .
Perangkat audio ini akan membutuhkan daya listrik besar, maka dari itu kita harus menyesuaikannya dengan kapasitas aki yang akan digunakan.Ketika dibiarkan saja lama kelamaan daya aki tersedot habis yang akan berpotensi merusak aki mobil yang sering soak atau tekor.

6. Penggunaan lampu HID/ projector
Penggunaan lampu yang tak sesuai menjadi salah satu penyebab aki mobil sering tekor.Maka dari itu sebaiknya melihat dulu berapa daya yang dibutuhkan,jadi kita bisa menggantinya dengan ampere yang lebih besar supaya kebutuhan dayanya sesuai.

7. Usia aki yang sudah tua
Semakin bertambahnya umur mobil akan bertambah pula umur aki mobil .Kemampuan menyimpan dayanya akan berkurang.Maka dari itu lakukan penggantian aki mobil dilakukan setiap 2-3tahun sekali supaya tidak terjadi macet atau mogok yang disebabkan tidak bisa distater.

8. Umur aki normal
Untuk usia pemakaian aki standar rata-rata dealer mobil memberikan garansi 2tahun,bila aki mobil tekor atau drop sebelum masa garansi habis biasanya akan diganti yang baru.

Nah itulah sedikit informasi mengenai aki mobil sering tekor semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya:)

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang