5 Tips Berkendara yang Hemat Bahan Bakar

Menjadi pemilik kendaraan yang hemat bahan bakar merupakan keinginan bagi para pengguna kendaraan. Selain menghemat biaya, kendaraan yang hemat bahan bakar juga berkontribusi dalam mengurangi polusi udara yang dihasilkan oleh penggunaan bahan bakar. Hal ini penting mengingat banyaknya pengguna jalan yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai tujuan mereka. Jika Anda tertarik memiliki kendaraan yang hemat bahan bakar, Anda dapat mempertimbangkan opsi kredit mobil Toyota di Medan. Berikut ini adalah ulasan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

BACA JUGA: Cara Aman Berkendara Untuk Kaum Hawa

1. Menjaga Kecepatan Kendaraan

 

Untuk menghemat bahan bakar saat berkendara, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan. Salah satunya adalah menjaga kecepatan kendaraan. Mengemudi dengan kecepatan yang stabil antara 60-80 km per jam akan lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan melaju dengan kecepatan tinggi yang akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

2. Menjaga Mesin

Agar kendaraan Anda lebih hemat bahan bakar, penting untuk menjaga agar mesin berputar pada RPM yang rendah. Dengan menjaga putaran mesin rendah, kendaraan Anda akan lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar daripada jika mesin berputar pada RPM yang tinggi, yaitu di atas 2.000. Hal ini akan mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan Anda.

 

3. Menggunakan Transmisi Manual

Menggunakan kendaraan dengan transmisi manual dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan Anda. Namun, penting bagi pengemudi untuk melakukan pergantian gigi dengan tepat. Keterlambatan dalam memindahkan gigi dapat menyebabkan RPM menjadi tinggi dan mengakibatkan penggunaan bahan bakar yang lebih boros.

Jika Anda tertarik untuk mencari kendaraan dengan transmisi manual, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan kredit mobil Toyota di Medan, di mana Anda dapat menemukan mobil yang sesuai dengan keinginan Anda. Meskipun kendaraan dengan transmisi manual mungkin menjadi semakin jarang, karena banyak perusahaan mobil yang merilis produk terbaru setiap tahunnya, namun masih banyak pilihan mobil dengan transmisi manual yang tersedia.

4. Memaksimalkan Engine Brake

Salah satu cara untuk menghemat bahan bakar adalah dengan memanfaatkan Engine Brake ketika mengurangi kecepatan saat berkendara. Hal ini membutuhkan pengemudi untuk memahami kondisi jalan yang akan dilalui dan merencanakan dengan baik kapan waktu yang tepat untuk mengurangi kecepatan mesin. Dengan demikian, penggunaan rem mendadak dapat dikurangi.

 

5. Menjaga Kecepaan Kendaraan

 

Jika Anda ingin memiliki kendaraan yang irit bahan bakar, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah berlatih untuk menjaga kecepatan berkendara secara konstan. Dengan begitu, Anda dapat menghindari akselerasi tiba-tiba yang dapat menyebabkan penghentian mendadak. Hal ini akan membantu menjaga mesin tetap stabil dan mengurangi penggunaan bahan bakar yang boros.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Demikianlah beberapa tips berkendara yang hemat bahan bakar. Anda dapat mengikuti tips di atas untuk memiliki kendaraan yang irit bahan bakar.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

 

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang