Kapan Saatnya Ganti Kampas Rem?

Jangan biarkan perangkat pengereman menjadi aus atau tidak berfungsi dengan baik. Anda dapat mencegah kampas rem tersebut dengan mengetahui tanda-tandanya.

Seorang Kepala Bengkel dari Keluarga Indramayu, Jawa Barat, membagikan beberapa tips mengenai cara membaca tanda-tanda bahwa kampas rem mulai aus. Cara ini sebenarnya cukup sederhana dan mudah, yaitu dengan merasakannya saat menginjak pedal rem.

“Penanda bahwa kampas rem telah mulai aus adalah disaat pengemudi merasakan bahwa saat melakukan pengereman, pedal rem dirasa lebih dalam dari biasanya,” ungkap Dani Muhammad Sidik.

Selain itu, ada satu lagi tanda yang dapat menjadi penanda bahwa kampas mulai aus, yaitu jarak pengereman yang menjadi jauh.

BACA JUGA : Tidak Disangka Teknik Pengereman Mobil Sistem ABS dan Non ABS Ternyata Berbeda

Usut punya usut, ausnya kampas rem adalah hal yang wajar terjadi. Karena kampas, mau itu rem tromol ataupun rem cakram, bisa disebut komponen fast-moving atau kelompok suku cadang yang cepat ditukar. Dani juga menjelaskan tentang standar pemeriksaan yang dilakukannya untuk merawat mobil-mobil yang masuk ke bengkelnya.

“Untuk bagian rem depan, kita dapat melihat kondisinya secara langsung tanpa harus membongkar. Ketebalan kampas rem dalam kondisi baru biasanya sekitar 9 mm. Namun, untuk kampas bagian belakang, harus dibongkar terlebih dahulu untuk mengetahui ketebalannya. Ini berbeda dengan bagian depan,” jelas Dani.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Dalam merawat sistem pengereman pada mobil Toyota para keluarga di Indramayu, Dani akan melaksanakn pergantian kampas rem depan apabila ketebalannya telah mencapai sekitar 3 mm. Atau penggantian juga dapat dilakukan ketika mobil telah menempuh jarak kira kira 80.000 km atau kelipatannya.

Berbeda halnya dengan rem bagian belakang. “Ketebalan kampas di posisi belakang ada di keadaan baru merupakan 6 mm, dan jika sudah tinggal 2 mm, sebaiknya lakukan penggantian,” tambah Dani.

Jadi, jangan lupa untuk selalu merawat sistem pengereman pada kendaraan Toyota kesayangan Anda! Anda dapat dengan mudah melakukan booking service menggunakan aplikasi Digiroom, dan mobil kesayangan Anda akan ditangani secara profesional oleh bengkel Arumsari.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang