Telat Ganti Oli? Ini Resikonya

Telat Ganti Oli? Ini Resikonya

 

Fungsi oli dalam mobil Toyota tidak hanya sebagai pelumas untuk menjaga kinerja optimal komponen-komponen mesin, tetapi juga memiliki batas waktu penggunaan. Dengan kata lain, bergantung terus pada oli yang ada dalam mesin tanpa menggantinya sesuai jadwal pabrikan Toyota dapat menimbulkan risiko berbagai masalah, termasuk:

BACA JUGA: Ketahui Cara Kerja Piston Rem Mobil

1) Mempercepat keausan komponen mesin: Setiap kali oli digunakan, ia menjadi lebih encer. Semakin menipis oli, efisiensinya sebagai pelumas berkurang, menyebabkan kinerja komponen mesin juga menurun. dapat mengalami keausan lebih cepat.

2) Bunyi kasar dari mesin: Selain sebagai pelumas, peran oli juga melibatkan meredam suara gesekan antara komponen mesin. Jika kualitas oli menurun, kemampuannya untuk meredam suara juga akan berkurang.

3) Sumbatan pada jalur oli: Penggunaan oli dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan kerak dan sisa karbon dari pembakaran mesin, menyebabkan sumbatan pada jalur oli. Ini dapat menimbulkan risiko serius pada mesin.

4) Bunyi logam saat start: Penurunan daya lumas oli dapat menyebabkan oli yang seharusnya melumasi mekanisme katup di kepala silinder malah turun ke oil pan. Hal ini bisa menghasilkan bunyi ketukan logam pada mesin bagian atas saat awal start.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Untuk mencegah risiko-risiko ini, penting untuk secara rutin mengganti oli mesin dan melakukan servis berkala di bengkel Arumsari, Bandung. Mereka menawarkan layanan purnajual terbaik dengan standar kualitas tinggi untuk menjaga mobil Toyota Anda.

Alamat: Jl. Raya Panyileukan No.9, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

 

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *