Cara Merawat Suspensi Mobil Toyota Agar Tetap Apik

Bingung merawat Suspensi Mobil? Kualitas kenyamanan sebuah kendaraan bisa diukur melalui efisiensi sistem suspensinya. Jika kinerjanya tidak optimal, pengalaman penumpang dalam mobil akan terganggu.

Maka dari itu, bagi pemilik mobil, terutama yang mengendarai merek Toyota, adalah bijak untuk selalu memberikan perhatian khusus pada sistem peredam guncangan ini. Sangat dianjurkan untuk rutin melakukan pembetulan berkala di bengkel resmi Keluarga guna menjaga performa suspensi tetap optimal.

“Setiap kali menjalankan perbaikan berkala di bengkel resmi Keluarga, sebaiknya sekaligus memeriksa kondisi suspensi untuk menjaga kendali atas kenyamanan Anda. Apa bila ditemukan tanda-tanda ketidaknyamanan, segera minta pemeriksaan atau perawatan,” ujar Suparna, Kepala Bengkel Keluarga Cilandak.

BACA JUGA : Ketahui Cara Kerja Piston Rem Mobil

Suparna menjelaskan, perawatan suspensi dimulai dengan fokus pada sokbreker. Bagian ini bertugas sebagai penyerap guncangan dan dibuat dari material baja untuk ketahanan yang optimal.

“Walaupun begitu, usia sokbreker tetap terbatas dan seiring waktu bisa menjadi aus, apalagi pada bagian seal yang terbuat dari karet,” tambah Suparna.

Secara sederhana, sokbreker membantu pegas dalam mengendalikan getaran. Semakin sering sokbreker terkena guncangan berlebihan atau beban yang berat, performanya akan terkikis.

Akibatnya, kemampuan sokbreker untuk menjaga stabilitas kendaraan melemah, dan hal ini bisa dirasakan dengan sensasi “melayang” saat berkendara.

“Upaya merawatnya juga termasuk menghindari beban berlebihan pada kendaraan. Karena seiring waktu, komponen-komponen dalam suspensi bisa mengalami penurunan performa,” tambahnya.

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

error: Content is protected !!
Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang