Ini 3 Masalah yang Sering Muncul Pada Mobil Setelah Berkendara Jarak Jauh

Ini 3 Masalah yang Sering Muncul Pada Mobil Setelah Berkendara Jarak Jauh

 

Kendaraan bermotor adalah salah satu moda transportasi yang sering kita jumpai di jalan raya. Hampir setiap rumah memiliki mobil sebagai sarana mobilitas pribadi maupun keluarga.

BACA JUGA : 5 Penyebab Rem Mobil Keras dan Tidak Nyaman beserta Solusinya

Mobil memang memberikan kenyamanan saat dikendarai, menghindarkan kita dari panasnya sinar matahari langsung, dan memberikan suhu yang nyaman melalui penggunaan AC di dalamnya. Selain itu, mobil juga sangat cocok untuk perjalanan jarak jauh seperti mudik atau liburan di luar kota.

 

Namun, sebelum melakukan perjalanan jauh, ada beberapa persiapan yang mesti Anda lakukan agar memastikan mobil berada dalam kondisi yang baik dan siap menghadapi perjalanan ratusan bahkan ribuan kilometer. Salah satunya adalah memeriksa kondisi seluruh bagian mobil.

 

Sehabis perjalanan jauh, meskipun mobil telah diperiksa dan diservis sebelumnya, disarankan untuk memeriksanya kembali. Hal ini karena dalam perjalanan jauh, beberapa komponen mobil dapat mengalami penurunan kinerja. Oleh karena itu, servis lanjutan sangat diperlukan.

 

Lalu, apa saja masalah umum yang kerap terjadi pada mobil setelah melakukan perjalanan jauh? Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

 

  1. Ban

Yang pertama adalah memeriksa kondisi ban. Mengapa ini penting? Perjalanan jauh menjadikan ban mobil bekerja berlipat kali lebih keras, mengalami gesekan dengan permukaan jalan yang semakin lama. Akibatnya, profil ban dapat menipis. Oleh karena itu, setelah perjalanan jauh, penting untuk memeriksa kondisi ban apakah masih layak digunakan atau perlu diganti. Langkah ini penting agar menghindari kemungkinan pecah ban saat sedang di jalan.

 

  1. Sistem Kopling

Selanjutnya, setelah melakukan perjalanan jauh, perhatikan juga kondisi sistem kopling pada mobil manual. Sistem kopling bekerja keras saat perjalanan jauh, terutama dalam kondisi macet atau saat melewati jalan menanjak. Oleh karena itu, periksa komponen kopling setelah perjalanan jauh untuk memastikan kinerjanya tetap optimal.

 

  1. Suspensi

Yang terakhir adalah memeriksa kondisi sistem suspensi, terutama shock absorber, setelah melakukan perjalanan jauh. Shock absorber mempunyai peranan penting dalam memberikan kenyamanan berkendara, terutama di jalan berlubang, bergelombang, atau tak rata.

 

Pastikan untuk memeriksa kondisi shock absorber, terutama jika Anda merasakan ketidaknyamanan saat berkendara. Kemungkinan terjadi kebocoran pada shock absorber dan perlu perbaikan.

Bengkel Kaki Mobil Kuningan

Itulah beberapa masalah umum yang sering muncul pada mobil setelah melakukan perjalanan jauh. Jadilah rajin dalam memelihara serta merawat mobil dengan baik.

 

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Bandung Terletak di :

Bengkel Arum Sari
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *